Download Ebook, Ebook Gratis, Download Ebook Gratis, Ebook Pemrograman, Pemrograman Web, Pemrograman Desktop, Ebook Laravel Bahasa Indonesia, Ebook PHP PDF

Perhatian

Password untuk semua ebook adalah "cioray-technology" atau "dede-gunawan.web.id", Terima Kasih

Pemrograman Berorientasi Objek

5 komentar
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) atau biasa juga disebut object oriented programming (OOP) merupakan sebuah paradigma pemrograman yang memandang bahwa sebuah sistem dibangun berdasarkan objek‐objek yang terlibat di dalamnya dan bagaimana interaksinya dalam sistem. Di dalam PBO ini semua data dan fungsi dibungkus dalam sebuah objek. Berbeda dengan pemrograman prosedural, dimana hanya ada variabel dan fungsi saja di dalamnya. Misal : jika dalam sebuah pemrograman prosedural, manusia akan dibuat menjadi sebuah variabel, kemudian tangan manusia pun akan dibuat menjadi sebuah variabel juga. Sedangkan dalam PBO manusia akan dibuat menjadi sebuah variabel bertipe objek dan tangan manusia akan menjadi anggota/properti dari objek manusia tadi.

Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah Class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Sebagai contoh Suzuki, Yamaha, Honda, dan Kawasaki merupakan objek dari Class sepeda motor. Suzuki Smash dan objek lainnya juga mempunyai kesamaan atribut (merk,tipe, berat, warna, harga) dan method untuk mengakses data pada atributnya (misal fungsi untuk menginputkan tipe, berat, warna, dll serta fungsi untuk mencetak tipe, berat, warna, dll). Sedangkan objek sendiri merupakan perwujudan nyata dari sebuah kelas yang berfungsi untuk membungkus data dan fungsi bersama menjadi satu unit dalam sebuah program komputer. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

Konsep-Konsep PBO / OOP

OOP secara umum harus mempunyai sifat-sifat berikut ini :

1. Abstraksi 

Abstaksi adalah merupakan sebuah konsep OOP yang berfungsi sebuagai penyembunyian kerumitan suatu proses/method yang dijalani. 

2. Enkapsulasi (Pembungkusan)

Enkapsulasi merupakan proses pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa ditentukan hak aksesnya.

3. Pewarisan (Inheritance) 

Pewarisan merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass / parent class sedangkan class yang diwarisi disebut subclass / child class. Child class dapat menjadi parent class bagi class lainya, hal ini disebut sebagai multilevel inheritance.

4. Polimorfisme

Polimorfisme adalah kemampuan dari dua benda yang berbeda untuk merespon pesan permintaan yang sama dengan cara mereka sendiri yang unik. Suatu metode disebut polimorfis jika aksi yang dilakukan oleh suatu metode berbeda-beda tergantung pada objek aktual pada saat metode itu dijalankan. Polimorfisme merupakan fitur utama dalam pemrograman berorientasi objek. 

Untuk membaca lebih lanjut tentang PBO silahkan masuk ke sini --> Pemrograman Berorientasi Objek . Untuk mendownload ebook gratisnya, silahkan download pada link dibawah ini :
Itulah beberapa link Download Gratis Ebook Pemrograman Berorientasi Objek. Jika ada kekuarangan, kesalahan atau link error harap memberi tahu kami di kolom komentar, wassalam.

5 komentar :