Download Ebook, Ebook Gratis, Download Ebook Gratis, Ebook Pemrograman, Pemrograman Web, Pemrograman Desktop, Ebook Laravel Bahasa Indonesia, Ebook PHP PDF

Perhatian

Password untuk semua ebook adalah "cioray-technology" atau "dede-gunawan.web.id", Terima Kasih

Ebook UML Bahasa Indonesia

10 komentar
Unified Modeling Language
Setelah lama saya tidak menulis di blog ini, akhirnya saya dapat menulis kembali dan membagikan ebook gratis kepada teman semua. Ebook kali ini adalah ebook UML Bahasa Indonesia. Yap UML, apa itu UML? UML merupakan singkatan dari Unified Modelling Language. Merupakan sebuah model standar untuk membangun, mendokumentasikan, dan dan menspesifikan perangkat lunak.

UML merupakan model yang dikhususkan untuk membangun sistem yang berorientasi objek (baca : Pemrograman Berorientasi Objek). UML juga merupakan penyatuan dari berbagai model yang telah ada sebelumnya. Seperti metodologi booch, metodologi coad, metodologi OOSE, metodologi OMT, metodologi shlaer-mellor, metodologi wirfs-brock, dsb.
UML mempunyai 13 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, yaitu:
  1. Use Case Diagram untuk memodelkan proses bisnis. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya.
  2. Conceptual Diagram untuk memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi.
  3. Sequence Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects. Sequence diagram merupakan diagram yang menggambarkan pola hubungan diantara sekumpulan objek yang saling mempengaruhi menurut urutan waktu. Sebuah objek berinteraksi dengan objek lain melalui pengiriman pesan (messages). Sequence diagram biasanya digunakan untuk mengilustrasikan sebuah use case.
  4. Collaboration Diagram untuk memodelkan interaksi antar objects. Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama.
  5. State Diagram untuk memodelkan perilaku objects di dalam system. Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).
  6. Activity Diagram untuk memodelkan perilaku Use Cases dan objects di dalam system. Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. 
  7. Class Diagram untuk memodelkan struktur kelas. Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
  8. Object Diagram untuk memodelkan struktur object. Pada object diagram digambarkan hubungan antar elemen dalam model, tapi dengan memakai objeknya, bukan class. Class ialah kumpulan dari objek-objek yang memiliki attribute, behaviour atau operation yang sama. Class dan object di dalam tahapan design digambarkan dengan letak yang memiliki tiga bagian. Pada bagian atas diberi nama class atau object. Bagian tengah merupakan bagian yang berisi attribute yang dimiliki dan bagian bawah berisi operation.
  9. Component Diagram untuk memodelkan komponen object. Component Diagram merupakan gambaran aspek fisik sistem berbasis objek dengan menunjukkan hubungan dan ketergantungan dalam serangkaian komponen. Menggambarkan komponen fisik software termasuk source code, run time (binary) code, executable file, table, library, dan dokumen. Meliputi komponen, interface, dependency, generalization, association, realization, notes, constraint, packages, subsystem dari sebuah model.
  10. Deployment Diagram untuk memodelkan distribusi aplikasi. Deployment diagram menggambarkan sumber fisik dalam sistem, termasuk node, komponen dan koneksi (model implementasi sistem yang statistik). Dalam hal ini meliputi topologi hardware yang dipakai sistem.
  11. Interaction overview diagram menunjukan layout dari activity diagram untuk memodelkan alur dari logic dalam sekumpulan interaksi.
  12. Package diagram menggambarkan dekomposisi dari sistem menjadi unit-unit dan hubungan ketergantungannya.
  13. Timing diagram menyediakan perubahan statis yang menekankan pada waktu sebenarnya.
Untuk lebih jelasnya, silahkan download saja Ebooknya disini :
Ebook UML Gratis
Download Ebook Gratis

Mungkin hanya itu saja Ebook UML Bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan, atas kekurangannya saya mohon maaf, wassalam.

10 komentar :

  1. gan filenya dienkrip passnya apa?

    BalasHapus
  2. gan ini ebook penulisnya siapa....?

    BalasHapus
  3. makasih gan ebooknya. boleh saya share artikelnya di blog saya? saya cantumkan sumber nya gan. bila agan berkenan :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus